Kamis, 22 Juli 2010

Ibu, Cari apa Bu..??

"Milarian naon atuh bu..??" (dalam bahasa Indo:Ibu.., cari apa bu..??) tanyaku heran ketika nenek tua tampak sedang mencari sesuatu, pikirku: "hmmmm... pasti cari makanan sisa, kasian sekali...". Beliau kulihat ketika tadi pagi sebelum berangkat kerja, sedang membuka, meneropong kotak dus, kresek..dan lain sebagainya di tempat sampah yang ada depan rumah. "ah biasa we bageur, aya botol, kertas, naon we"..Begitu jawabnya. nenek tua itu berperawakan kurus, hitam dan beberapa helai rambut putih yang keluar dari balik tudungnya yang kusut tak tertata, usianya sekitar 70 tahun, terlihat dari bola mata yang dah menjorok kedalam karena kurus dan keriput. Hmmm..meskipun jawabnya begitu dan dia memang membawa gerobak berisi barang-barang bekas, tapi aku tetap berfikir bahwa nenek tua ini mencari makanan, sambil mulung sampah.
dug!!!, serasa dadaku tertonjok, melihat kejadian itu. aku sedih, nenek setua itu masih harus berjuang keras untuk hidupnya. mendorong-dorong gerobak besar, yang sebetulnya mungkin terlalu berat untuknya.

Emosiku langsung muncul, aku ingin sekali memaki-maki para penguasa yang terus menghamburkan uang rakyat dan sama sekali tak memperdulikan rakyat kecil seperti nenek tua itu. mereka sibuk korup sini, korup sana. anggaran rakyat, ditelan bulat2. ya Allah, seharusnya negara bertanggung jawab kepada rakyatnya. Betapa dzolimnya penguasa kalau mereka tidak memperdulikan rakyat yang sekedar untuk makan saja harus ngubek-ngubek tempat sampah, apalagi sudah serenta itu..

Kubuka dompetku, Alhamdulillah ada sedikit uang didalam dompetku, sisa semalam makan pecel lele dipinggiran jalan kiara condong. aku kasihan, dan kuberikan padanya. semoga sedikit dapat membahagiakannya, setidaknya cukup untuk sarapan nasi kuning pagi itu.

Semoga kedepan negara ini dimpimpin oleh orang-orang yang peka dan peduli serta dapat membawa kebaikan bagi rakyatnya. Semoga Allah juga memberikan ku kekuatan untuk dapat berbuat lebih dari itu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. komentar, kritik, saran, atau apapun dipersilahkan..