Kamis, 23 Juni 2011

Sedikit catatan hasil diskusi Social Network Analysis

MANTABSSS...kesanku atas diskusi yang kuikuti hari ini di AKATIGA, sebuah LSM yang banyak melakukan penelitian sosial dan advokasi Buruh dan kaum marginal itu. Diskusi ini menghadirkan narasumber Diding Sakri, mantan Direktur Inisiatif yang baru memperoleh gelar magister dari Trento University, Italia. brrrr mendengar nama Universitasnya aja aku dah Minder, mengingat saat ini juga aku sedang kuliah S2 di salah satu PTS di Bandung..Apalagi kalo melihat kemampuannya,,beeeh dah takut duluan, krn rasanya kuliahku gitu-gitu aja,,tidak terlalu banyak mempengaruhi sisi keilmuanku. tapi ya sudahlah,,apapun jalani saja, mudah2an ada manfaatnya dikemudian hari

Tema diskusi ini sebetulnya tentang metode Social Network Analysis (SNA). salah satu metode yang banyak berkembang di wilayah Eropa, di Indonesia katanya jarang sekali penelitian yang menggunakan metode ini..tapi saya akan coba track melalui Mr google deh untuk membuktikannya.

Presentasi berawal dari konteks permasalahan jaminan kesehatan bagi masyarakat yang saat ini masih belum jelas, khususnya ditingkat pusat. Namun meskipun demikian ada beberapa daerah yang sudah lebih mengembangkan tentang sistem jaminan kesehatan melalui sistem asuransi, salah satunya adalah bandung dan Sumedang. Nah berangkat dari best practice itulah penelitian ini dilakukan dengan mencoba mencari tahu, aktor-aktor yang berperan dalam perumusan kebijakan sehingga menghasilkan perda tersebut. harapannya ketika bisa ditemukan karakteristik aktor yang berpengaruh tersebut, kedepannya bisa dijadikan model bagi pelaksanaan advokasi di daerah lain.

metode SNA diawali dengan melakukan pengumpulan informasi tentang aktor,,tanpa melibatkan atribut yang melekat pada masing-masing. Lalu kemudian mengumpulkan informasi tentang atribut aktor2 tersebut. berdasarkan itu, kemudian di track keterhubungan antara aktor2 tersebut, dengan pendekatan berbagai indikator. nah hasilnya dianalisis deh menggunakan software, namanya Pajek.

bagaimana tentang penggunaan software tersebut? nah masalah ini belum terbahas secara tuntass..mudah2an ada tindak lanjutnya sehingga peserta mampu melakukan hal yang relatif sama khususnya dalam melakukan penelitian sosial.

Terlepas dari itu, bagi diriku pribadi, diskusi itu menambah khazanah baru terutama menginspirasi dalam penyusunan Thesis..yang skarang belum kepikiran mau bagaimana. Semoga bener2 bisa bermanfaat deh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. komentar, kritik, saran, atau apapun dipersilahkan..